GuDang eLmu
this site the web

The Hot Potatoes sebagai Alternatif Evaluasi PAI


Piranti Kognitif


Evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan formal, dalam hal ini adalah sekolah. Khususnya evaluasi mengenai hasil belajar. Dalam konteks mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam dimaksudkan untuk melihat tingkat kemampuan dan keberhasilan siswa dalam proses belajar PAI yang telah disampaikan guru di kelas.

The hot potatoes merupakan software yang dapat digunakan sebagai piranti kognitif dalam sistem evaluasi pendidikan khususnya materi PAI. Melalui software ini kita dapat melakukan evaluasi yang memiliki ruang lingkup evaluasi hasil belajar. Dari sini kita bisa mengevaluasi mengenai tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai dengan metode yang cukup menyenangkan. Mengingat sering kali evaluasi yang diadakan oleh guru malah membuat siswa strees karena dibenaknya evaluasi sebagai sesuatu yang mengerikan, jika ia tidak berhasil maka dianggap malapetaka bukan dijadikan sarana perbaikan diri untuk kedepannya.

Ada enam aplikasi yang dimiliki oleh the hot potatoes ini, antara lain :

  • JQuiz, Program untuk menyusun materi latihan yang terdiri dari 4 jenis, anatara lain: Pilihan ganda (multiple-choice), short answer, Hybrid (Kombinasi dari pertanyaan multiple-choice dan short-answer) dan Multi-Select.

  • JMix, (jumbled-sentence exercises) Program untuk membuat latihan menyusun kalimat

  • JCross, (crossword puzzles) Program untuk menyusun materi dalam bentuk teka-teki silang

  • JMatch, (matching or ordering exercises) Program untuk membuat latihan dengan model menjodohkan.

  • JCloze, (gap-fill exercises) Program untuk menyusun latihan dalam bentuk “essai ompong” (fill in the blanks exercise).

  • The Masher, Program yang didesain untuk me-manage beberapa isi latihan/soal dari 5 jenis program diatas dengan mengkompilasi beberapa jenis latihan di Hot Potatoes. Program The Masher masih berbayar. Dalam program ini anda dapat juga melakukan proses dan monitoring konten latihan langsung ke Server dari Hot Potatoes.

Dari enam aplikasi di atas kita bisa memasukkan materi PAI dengan berbagai jenis evaluasi. Software ini efektif dan memudahkan pengajar dalam melakukan evaluasi disamping software ini merupakan sebuah alternatif metode evaluasi yang menyenangkan bagi siswa yang selama ini ujian dianggap sebagai “hantu pendidikan”.

Bagi yang bergelut di dunia pendidikan khususnya jika menginginkan program ini, sejak 1 September 2009 dirilis sebagai freeware, jadi anda bisa mendownloadnya secara gratis. Untuk penggunaan the hot potatoes lebih lengkapnya anda bisa kunjungi http://subaridargombez.wordpress.com/2008/08/01/penggunaan-hot-potatoes-dalam-pembelajaran-e-learning/#comment-68


Isna Hidayati Effendi

Pegiat Islamic Studies FORSIFA UMM



0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies